Temukan
Liburan Terbaik Mu

Asik, ya, berlibur di Lombok. Serasa sebulan itu tidak cukup untuk menjelajahi pulau yang eksotis ini. Nah, bagi kamu yang suka dengan budaya suku Sasak. Kamu bisa nih, datang ke Desa Sade yang menjadi salah satu tujuan istimewa di Lombok. Kamu bisa memilih paket Daily Tour Sasak Tradisional yang kami tawarkan.

Di paket Daily Tour Sasak Tradisional, Desa Sade ini menjadi desa ketiga yang akan kamu kunjungi, setelah Desa Banyumulek dan Desa Sukarara. Di Desa Sade kamu akan menemukan budaya Lombok yang sangat kental. Desa ini berada di Lombok Tengah. Lokasi tempat ini tidak membutuhkan waktu lama untuk sampai. Sekitar kurang lebih setengah jam dari Bandara Internasional Lombok (BIL).

Apa sih yang ditawarkan Desa Sade sehingga kamu tidak boleh melewatkan kunjungan ke desa ini?

Yang ditawarkan dari Desa Sade banyak, lho. Di antaranya, kamu bisa melihat dari dekat kehidupan sehari-hari Suku Sasak, dan berinteraksi dengan mereka. Suku Sasak itu adalah suku asli yang mendiami Pulau Lombok.

Di Desa Sade kamu akan menemukan 152 kepala keluarga. Mereka bertani, dan pengerajin kain tenun ikat khas Lombok. Selain itu banyak cinderamata unik yang akan kamu temui di Desa Sade. Cinderamata dan kain tenun itu bisa jadi oleh-oleh untuk kamu bawa pulang ke rumah.

DESA SADE

Desa Sade (c) lombokmandalika.co.id

Di Desa Sade, rumah-rumahnya adalah rumah tradisional suku Sasak Lombok. Kamu akan melihat keunikan rumah-rumah tradisional itu yang sangat sederhana namun menentramkan hati. Rumah-rumah itu terbuat dari bahan-bahan alam, loh! Dindingnya dari anyaman bambu dan atapnya dari rumbia. Dan jika kamu menilik ke dalam rumah, lantai rumah juga hanya beralas tanah. Uniknya, lantai rumahnya dilumuri oleh kotoran kerbau sehingga liat. Walaupun di lapisi kotoran kerbau, tanah di dalam rumah itu tidak akan beraroma bau. Apa rahasianya? Tanyakan sendiri nanti dengan tuan rumah ketika kamu berkunjung di sini.

Latar belakang rumah-rumah Tradisional di Desa Sade bisa menjadi latar unik untuk berselfie ataupun mengabadikannya dengan berfoto sebagai kenang-kenangan. Kamu jangan melewatkan bangunan lumbung yang disebut berungak. Berungak ini adalah ikon disetiap bangunan pemerintahan di Pulau Lombok. Fungsinya sebagai tempat penyimpanan hasil bumi dan bagian bawahnya sebagai tempat untuk masyarakat berkumpul. Inilah ikon unik yang tidak boleh dilewatkan untuk foto.

Seru kan!(zw)

Scroll to Top